Desain Interior Restoran sebagai Pendukung Kesuksesan Bisnis Kuliner

Artikel ini sepenuhnya dibuat oleh tim konten Temtera. Setiap minggu, kami mempublikasikan tulisan mengenai dekorasi bangunan seperti rumah, hotel, kantor, dan lain-lain. Ikuti Disini.

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang kian berkembang pesat di tanah air. Bisnis ini tidak pernah sepi dari inovasi dan memunculkan pengusaha-pengusaha kuliner sukses yang tak terhitung nilainya. Ini dikarenakan ada begitu banyak usaha kuliner yang bisa digagas dan dikembangkan.

Anda tentu masih ingat saat bisnis jananan seperti seblak, kue cubit, makaroni, cireng dan sebagainya, yang jadi booming hanya dengan sedikit inovasi dan perubahan kemasan. Atau, bisnis oleh-oleh kue artis yang menjamur. Hampir setiap kota besar sudah punya merek oleh-oleh kue artis sendiri-sendiri. Sebut saja Bandung Makuta dari Laudya Cintya Bella, Bogor Rain Cake dan Princess Cake milik Shireen Sungkar dan Syahrini, Jogja Scrummy milik Dude Herlino dan masih banyak lagi, sampai sulit jika harus disebutkan satu per satu.

Bisnis kuliner memang bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, ini juga berarti bisnis kuliner memiliki persaingan yang sangat tinggi. Jika kita menyebut bakso, tentu ada berbagai macam kuliner bakso yang melintas di kepala kita.

Faktor Kesuksesan Bisnis Kuliner

Desain Restoran

Saat ini, bukan hanya masalah rasa. Bahkan kemasan pun bisa jadi daya tarik yang tidak kalah penting. Keripik singkong yang harganya murah, bisa dibanderol dengan harga berkali lipat saat dikemas dan diberi bandrol yang menarik. Pisang goreng, makanan rakyat yang murah pun, harganya bisa meningkat berkali-kali lipat saat tampilannya berubah dan dikemas dengan elegan.

Salah satu faktor penting lainnya dari kesuksesan usaha kuliner, adalah tema dan desain interior restoran. Apakah Anda pernah mendengar restoran dengan tema rumah sakit? Penjara? Ruangan gelap gulita? Atau restoran yang interiornya “instagrammable’? Ya, dengan mengusung tema desain interior yang unik dan menarik, juga bisa mendongkrak omset Anda.

Desain Interior Restoran Ditentukan dengan Serius

Oleh karena itu, menentukan desain interior restoran bukan hal yang sepele. Anda harus benar-benar memikirkan, tema restoran seperti apa yang akan Anda bangun. Biasanya, tema restoran disesuaikan dengan tema makanan yang disajikan. Misalnya, untuk makanan kedaerahan, bisanya desain eksterior dan interior restoran juga disesuakan. Restoran berbentuk rumah joglo dengan segala pernak-pernik tradisional untuk restoran gudeg. Atau bilik-bilik bambu seperti di sawah untuk rumah makan sunda.

Desain Interior Restoran

Namun, jika Anda belum yakin dan belum begitu berpengalaman dalam membuat restoran. Ada baiknya Anda menyewa kontraktor interior restaurant untuk membantu Anda. Membuka restoran tentu tidak mudah dan murah. Oleh karena itu, Anda harus pastikan bisa membangun restoran sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi pengunjung.

Memilih Kontraktor Interior Handal

Kontraktor interior restaurant akan bisa membantu Anda dalam membangun restoran ataupun merenovasi restoran yang sudah ada. Anda bisa mengungkapkan apa yang Anda harapkan dan inginkan. Anda pun bisa sampaikan kerisauan atau kegelisahan Anda, jika masih ada yang membuat Anda ragu dalam menentukan desain intrerior restoran.

Baca ini juga: Tips Mendekorasi Rumah Menurut Feng Shui 2019

Sebagai konsultan, kontraktor interior restaurant akan memberikan masukan-masukan penting untuk Anda. Mereka bisa memberikan pertimbangan model, gaya dan juga biaya dalam membuat desain interior restoran. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan semuanya sendiri. Karena kontraktor interior sudah meringankan sebagian pekerjaan Anda.

kontraktor interior restaurant

Karena desain interior restoran merupakan salah satu faktor yang sangat penting, maka tentu saja tidak kalah pentingnya bagi Anda memilih kontraktor interior restaurant yang tepat. Pastikan kontraktor tersebut memiliki profesionalisme tinggi.

Anda mungkin bisa mencari rekomendasi kontraktor interior pada rekan Anda. Atau, Anda bisa meminta portfolio hasil kerja sebelumnya. Maka dari sana, Anda bisa menilai sejauh mana Anda bisa mempercayakan proyek desain interior restoran milik Anda.