Tips Mendekorasi Rumah Menurut Feng Shui 2019

Artikel ini sepenuhnya dibuat oleh tim konten Temtera. Setiap minggu, kami mempublikasikan tulisan mengenai dekorasi bangunan seperti rumah, hotel, kantor, dan lain-lain. Ikuti Disini.

tips-mendekorasi-rumah-feng-shui

Mengawali tahun 2019, pasti Anda sudah menyiapkan banyak rencana baru. Mungkin salah satunya adalah mendekorasi rumah.

Ada satu pertimbangan yang kerap diperhitungkan pada saat mendekorasi rumah, yakni Feng Shui. Meskipun ada segelintir orang yang tidak percaya, beberapa konsep penataan berdasarkan Feng Shui rumah sebenarnya cukup masuk akal yang tak ada salahnya dicoba.

Nah, untuk Anda yang masih mempercayainya, kali ini kami akan membahas Tips Mendekorasi Rumah Menurut Feng Shui 2019. Penasaran? Yuk, simak satu per satu!

1. Buat Pagar Lebih Tinggi Dari Jalan Depan Rumah

pagar-rumah

Tips mendekorasi rumah menurut Feng Shui pertama adalah membuat pagar lebih tinggi dari jalan di depan rumah. Jika ini tidak dilakukan, maka debu dan genangan air hujan bisa-bisa masuk ke dalam rumah.

Pagar yang lebih rendah dari jalan juga tidak baik untuk bisnis. Ada yang mengatakan, usaha yang dijalani penghuni rumah akan terkena banyak masalah. Jika dipikirkan lebih dalam, sebenarnya cukup logis karena bisa Anda bayangkan waktu akan terbuang untuk menyapu teras setiap saat karena terkena debu atau banjir.

Jika belakangan ini bisnis Anda mulai menyurut, coba tengok pagar rumah Anda, mungkin disitu penyebabnya.

2. Berikan Warna Cerah Pada Pintu

warna-hijau-pintu

Warna cerah bukan hanya memikat pandangan mata. Pada kenyataannya ilmu Feng Shui mengatakan bahwa warna cerah pada pintu dapat membantu memulihkan energi spiritual yang kelelahan setelah seharian beraktivitas.

Merah dan hijau dinilai sebagai pilihan paling tepat karena keduanya melambangkan rejeki berlimpah. Namun, untuk saat ini, warna hijau sebagai warna yang dianggap membawa keberuntungan di tahun 2019.

Berikan warna berbeda namun serasi dengan warna cerah pada gagang pintu. Hal ini dilakukan agar mengundang lebih banyak energi positif. Pastikan juga gagang pintu tidak mengeluarkan bunyi bising.

3. Letakkan Pohon Tinggi Di Sekitar Rumah

pepohonan-tinggi-di-rumah

Apa artinya rumah yang megah tidak ada pohon. Pasti akan gersang. Dengan adanya pepohonan rumah akan mendapatkan udara segar yang baik untuk kesehatan. Meletakkan pohon tinggi juga menjadi peneduh alami yang menghalangi teriknya sinar matahari.

Secara visual adanya pohon-pohon tinggi juga akan menjadi tambahan daya tarik. Siapapun akan betah tinggal di dalamnya untuk menghabiskan banyak waktu bersama keluarga.

Dalam ilmu Feng Shui peletakan pohon tinggi akan membawa keburuntungan, produktivitas, keharmonisan, dan kemewahan.

4. Hiasi Pintu Masuk dan Lobi Rumah Dengan Tanaman

tanaman-di-depan-pintu-rumah

Selain meletakkan pohon-pohon tinggi di sekitar rumah. Ternyata menghiasi pintu masuk dan lobi rumah dengan tanaman sangat baik untuk menciptakan energi positif di gedung hunian, sehingga orang-orang di dalamnya selalu lebih ‘segar’ dan bersemangat.

Posisikan tanaman di sisi-sisi pintu, pastikan tanaman yang Anda letakkan tidak menghalangi pintu masuk.

5. Pastikan Air Mengalir dan Hindari Air Itu Kotor

air-mengalir

Tips yang satu ini cukup menarik. Karena dengan memastikan air mengalir akan membawa keberuntungan. Ini juga dipercaya sebagai pembawa energi positif ke dalam rumah. Anda bisa menghadirkan air mancur pada rumah karena hal tersebut bisa merefleksikan air mengalir.

Berbicara tentang air, ternyata menurut ilmu Feng Shui, air kotor di sekitar rumah dapat menyebabkan terhambatnya finansial bagi penghuni rumah. Ini masuk akal karena air kotor bisa menjadi sumber penyakit yang menggangu kesehatan, aktivitas mencari uang pun terganggu.

Air mancur, kolam ikan, dan kolam renang harus dikuras secara teratur. Begitu juga dengan saluran air kotor (got) harus lancar, jangan sampai air kotor tergenang dan mengganggu aspek kesehatan.

6. Perabot yang Sudah Tak Dipakai Lagi, Sebaiknya Disingkirkan

menyingkirkan-perabot

Kenapa harus disingkirkan? Mungkin ini pertanyaan pertama di benak Anda. Ini dilakukan agar rumah selalu dipenuhi energi positif, dengan catatan ruangan selalu dalam kondisi rapi. Menyingkirkan perabot yang sudah tak dipakai  bisa dengan menjualnya, menyumbangkannya, atau memberikan perabot-perabot yang tak dibutuhkan pada teman maupun kerabat Anda yang lebih membutuhkannya.

Adanya kondisi ruangan yang terlihat rapi, energi dan atmosfer di dalam rumah pun kian positif.

7. Berikan Sentuhan Pribadi

sentuhan-pribadi

Maksudnya adalah anda tetap bisa mendekorasi dengan sentuhan sendiri. Menonjolkan kararakter pribadi di rumah dengan cara-cara kreatif. Seperti menggantungkan foto keluarga, menambahkan warna yang menginspirasi, dan memasang ornament dekorasi seperti lampu gantung hias.

Selain itu Anda juga bisa menggantungkan tulisan-tulisan motivasi di bagian dinding. Dekorasi sentuhan pribadi menurut Feng Shui akan memberikan energi  serta semangat baru dan mencegah ruangan perasaan kosong menghampiri penghuni rumah.

8. Menerapkan Warna Sesuai Dengan Benda Sekitar

ruangan-serasi

Warna adalah cara manjur untuk menghasilkan energi positif di rumah Anda. Menerapkan warna yang sesuai dengan furniture juga akan membuat Anda mendapatkan hasil Feng Shui lebih cepat.

Warna memiliki aliran aura yang bisa mempengaruhi energi rumah. Salah satu contohnya adalah dengan memilih nuansa natural sehingga lebih memberikan kesan nyaman, warna yang mempertimbangkan elemen Feng Shui seperti warna urat kayu bisa memberi nuansa lembut dan hangat.

9. Jangan Sampai Terdapat Sudut Runcing di Dalam Ruangan

sudut-runcing-di-dalam-ruangan

Agar mendapatkan Feng Shui lebih baik adalah menghindari sudut runcing di dalam ruangan, karena hal ini bisa memberikan energi negative. Jika memang sudah terlanjur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyeimbangkannya:

  • Gunakan cermin yang berukuran besar untuk menutupi sudut lancip pada ruangan.
  • Manfaatkan furniture atau perabot yang punya sisi lengkung untuk menutupi sudut runcing.
  • Tutupi sudut runcing dengan tanaman-tanaman hias.

10. Pastikan Semua Ruangan Terjaga Baik dan Bebas Bocor

ruangan-bebas-bocor

Terakhir, yaitu soal seluruh ruangan. Teori Feng Shui menyebutkan, penting menjaga ruangan selalu dalam kondisi baik dan bebas bocor, sebab hal ini ada kaitannya dengan rezeki para penghuni rumah.

Kebocoran air dipercaya berdampak buruk pada keseimbangan yin & yan pada rumah. Oleh karena itu, jika ruangan Anda terjadi kebocoran, harus segera diperbaiki.

Bagaimana? Ada yang terlewat? Ayo jangan ragu untuk bagikan tips lain yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya di kolom komentar di bawah ini.

Sementara itu, adanya 10 tips ini sekiranya cukup menginspirasi Anda, bukan?

Untuk tips selengkapnya seputar desain interior baik itu rumah, hotel, kantor, dan lainnya, Anda menjadikan sejumlah artikel yang sudah kami bagikan pada website ini sebagai sumber wawasan baru.

Nah, untuk anda yang membutuhkan jasa kontraktor interior untuk mendekorasi rumah, langsung saja andalkan jasa kami. Hubungi kami segera dan nikmati harga terbaik dan bersaing untuk pembangunan interior yang lebih berestetika lagi.